MENU SPESIAL

02 April 2009

KETELADANAN ORANG TUA SERTA PENANAMAN NILAI AJARAN ISLAM PADA ANAK

Pertumbuhan dan perkembangan anak secara fisik (2-12 tahun) mengalami perkembangan secara teratur mulai dari masa bayi (0-2 tahun), masa kanak-kanak awal (2-6 tahun), dan masa kanak-kanak akhir (6-12 tahun). Dan secara Psikologis (1-12 tahun) perkembangan anak sudah mulai menerima respon yang diberikan orang tua berdasarkan potensi-potensi yang dimilikinya. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak pada hakikatnya merupakan potensi dasar dalam upayanya menanamkan nilai dan ajaran Islam.

Konsep nilai ajaran Islam pada anak, didasarkan kepada pertumbuhan dan perkembangan anak. Hal ini dikarenakan anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya membutuhkan bimbingan dan arahan yang sesuai dengan potensi-potensi dan setiap periode memiliki perbedaan sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Pentingnya keteladanan orang tua dalam upaya penanaman nilai ajaran Islam pada anak, merupakan sikap dan perilaku yang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap sikap dan perilaku anak yang selalu melihat, mendengar, dan merasakannya setiap hari di dalam keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar